Riset Motor Hidrogen Murah

Rabu, 20 November 2013
Motor Hidrogen
Kedepan motor apapun dituntut ramah lingkungan, karena itu banyak pihak berlomba meriset tekhnologi, perangkat hingga bahan baru pengganti BBM konvensional. Dua mahasiswa dari Swarthmore College, yakni Alex Bell dan Andres Pacheco pun membuat motor hidrogen yang efisien, motor ini sudah dirilis tahun lalu dan belum jadi prototype jadi. Meski demikian, konsep dan tekhnologi yang ditawarkan sangat murah meriah.
Prototype Hidrogen
  • RISET DATA, Target Alex Bell dan Andres Pacheco adalah mendesain dan membangun motor dengan fuel cell hidrogen sebagai bahan bakar, riset yang mereka garap masih sangat mentah, meski demikian Bell dan Pacheco berusaha menghasilkan data yang akurat dengan motor mereka, sehingga bisa dipakai untuk perkembangan motor hidrogen generasi berikutnya.
 
  • STRUKTTUR MOTOR, Motor hidrogen milik Bell dan Pacheco ini mengambil rangka dari Buell, termasuk suspensi depan dan belakang. Tapi, struktur rangka ini diperbaiki lagi agar penempatan part mesin hidrogen bisa match. Yang jelas, mesin Buell Cyclone digunakan sebagai salah satu struktur rangka, dengan penyokong part lainnya. Secara teknis, operasi motor hidrogen ini sangat simpel. Hidrogen yang diletakan dalam tabung akan dipompa ke fuel cell, dikonversi ke energi. Energi ini dikirim keregulator dan konverter. Hasil dari panas fuel cell dikirim balik agar bisa memanaskan hidrogen. Dari regulator dan konventer. diubah lagi ke motor listrik dan dipindah kepenggerak akhir.
 
  • ELEKTRIK CELL, Mesin hidrogen membutuhkan listrik yang cukup besar, Alex Bell memilih fuel cell buatan Ballard sebagai penyokong listrik. Unit fuel cell ini berupa perangkat Polymer Exchange Membrane (PEM) yang akan mereaksi oksigen dari udara dan hidrogen murni lewat membran sehingga menghasilkan listrik dengan daya tertentu. PEM ini diperkirakan mencapai angka daya maks 1,2 Kw atau 1,6 hp, unit PEM ini juga tergabung dalam satu paket dengan blower sebagai alat pendingin, mengkompres udara yang dibutuhkan untuk reaksi. PEM ini terdiri dari 47 sel grafit dan dikontrol digital agar kekuatan output dan datanya bisa teratur.

0 komentar:

Posting Komentar

Referral Banners

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.